Thursday 19 March 2015

TIPS SUKSES TERNAK KAMBING

Pemilihan Bibit Yang Berkualitas 
Para pelaku usha penggemukan kambing sering berkeluh-kesah karena harga bakalan kambing kurban terus mengalami kenaikan baik di tingkat petani desa ataupun pelaku usaha pembibitan ternak kambing. Demikian juga di tahun 2015. Benarkah kenaikan bakalan kambing kurban dihubungkan dengan kenaikan harga daging sapi?
Berikut adalah ilustrasi perhitungannya dengan coba mengonversikan antara harga berat kilogram karkas kambing bakalan kurban pada saat akhir penggemukan terhadap ternak kambing bakalan kurban berat 20 kilogram dan mengacau pada nilai satu dinar. 
Dalam jurus penentuan harga kambing kurban berdasarkan dinar, kenaikan harga kambing kurban pada tiap tahunnya tidak berhubungan dengan kenaikan harga daging sapi. Terlebih dengan harga berlaku di atas, konsumen kambing kurban telah dapat menikmati layanan hantaran kambing kurban sampai tempat seperti yang banyak di tawarkan oleh peternak penyelanggara kambing kurban. Harga kambing dalam setiap penyelanggaraan ibadah kurban belum pernah mengalami penurunan sejalan dengan kecenderungan koin dinar yang selalu naik untuk jangka panjang.
Semngat dan kekompakan antar peternak untuk menjual kambing kurban senilai satu dinar pada setandar berat tertentu antara 30 hingga 35 kilogram akan lebih memberikan keuntungan pasti bagi peternak dan mengurangi efek fisikologis terkait perubahan nilai uang kertas pada sisi konsumen.
Perhtungan produksi karkas kambing kurban di atas berlaku untuk jenis hewan ternak kambing garut berdasarkan pengalaman yang ada. produksi karkas kambing garut rata-rata 50 % dari berat hidupnya. Untuk menjamin pencapaian berat badan akhir hewan ternak kambing yang di inginkan peternak dalam target periode waktu penggemukan, pemilihan bibit kmbing yang berkualitas merupakan jurus kedua, di di samping faktor pakan dan pemeliharaan.
Bersuber dari balai pengajian Teknologi pertanian (BPPT) Jawa Barat tentang teknologi penggemukan kambing, untuk pemilihan kambing bakalan penggemukan, pilihlah ternak kambing sebagai bibit kambing bakalan yang tidak terlampau gemuk ataupun terlampau kurus, tetapi memiliki ukuran rangka tubuh cukup baik sebagai gambaran volume isi.
Ternak kambing yang memiliki ukuran rangka tubuh baik adalah ternak kambing yang memiliki badan panjang dan besar, punggung rata, lurus dan lebar, berbulu halus, tidak berbulu kasar maupun gimbal serta susunan struktur gigi ternak kambing belum tanggal atau belum tumbuh gigi dewasa.
Warna putih umumnya menjadi warna favorit konsumen ternak kambing saat perayaan kurban. Karena itu jika memungkinkan, warna warna putih sebaiknya menjadi warna dominan saat dilakukan sleksi dan pembelian kambing bakalan untuk penggemukan kurban walaupun kondisi ini terbilang sulit untuk dilakukan.
Tentang usaha penggemukan kambing utamanya terletak pada kemampuan peternak dalam melakukan sleksi bakalan kambing penggemukan yang berkualitas. Pemeliharaan dan perawatan ternak kambing akan sia-sia jika kambing yang digemukan bukan merupakan kambing bakalan berkualitas sehingga target pertumbuhan berat badan ternak tiap bulan pun sulit untuk tercapai. Kerugianpun akan dialami oleh peternak dalam menjalankan usaha penggemukan kambing. Idealnya, dalam usaha penggemukan kambing tercapai target pertumbuhan berat badan ternak minimal 2 kilogram per bulan.
Kambing atau domba garut sebagai bibit domba bakalan usaha penggemukan memiliki berat awal sekitar 20 kilogram umumnya berusia 6 hingga 7 bulan dan belum mengalami tanggal gigi atau tumbuhnya gigi dewasa. Berdasarkan setudi literatur yang ada, usia ternak kambing/domba garut antara 6 hingga 7 bulan dianggap sebagai usia puncak pertumbuhan. Pertumbuhan ternak pada uisa ini akan maksimum hingga ternak memasuki masa pubertas yang selanjutnya pertumbuhan ternak akan melambat.
Beberapa faktor yang memengaruhi laju pertumbuhan berat badan dan perkembangan rangka hewan ternak kambing adalah manajemen pemeliharaan yang diterapkan, pakan ternak yang diberikan guna memenuhi kebutuhan nutrisi hewan ternak kambing, kesehatan, iklim dan cuaca, serta faktor bangsa kambing.


 

0 komentar:

Post a Comment