Saturday 1 February 2014

CARA MEMULAI USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG

 Persiapan Beternak

Beternak merupakan suatu kegiatan memelihara hewan ternak untuk dibudidayakan sehingga mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut. Beternak dapat mempunyai arti dengan membuka usaha, yaitu menanamkan sejumlah uang disertai pengorbanan lain yang dikeluarkan selain uang tersebut. Olehh karena itu, diperlukan suatu persiapan yang tepat sebelum beternak agar usaha ini tidak kandas di tengah jalan.

Tujuan Beternak Ayam Kampung

Beternak ayam kampung merupakan suatu bentuk aktivitas pengelolaan untuk memperoleh manfaat dari ayam kampung sebagai sasarannya. Usaha peternakan merupakan suatu tindakan beternak dengan menerapkan prinsip-prinsip usaha. Dalam setiap usaha, begitu pun usaha peternakan ayam kampung, diperlukan suatu penetapan tujuan terlebih dahulu.
Suatu usaha agribisnis seperti peternakan  harus mempunyai tujuan. Tujuan ini berguna sebagai evaluasi kegiatan yang dilakukan selama beternak, baik itu salah atau benar. Contoh tujuan peternakan adalah tujuan komersial, yaitu sebagai cara memperoleh keuntungan. Bila tujuan ini yang di tetapkan, segala prinsip ekonomi perusahaan baik ekonomi mikro dan makro, konsep akuntansi, dan manajemen harus diterapkan. Namun, apabila peternakan dibuka untuk tujuan pemanfaatan sumber daya, misalnya tanah atau untuk mengisi waktu luang, tujuan utama bukanlah merupakan aspek komersial, tetapi harus tetap mengharapkan modal yang ditanamkan dapat kembali.
Dalam beternak ayam kampung, perlu dipersiapkan beberapa hal, di antaranya adalah penetapan tujuan beternak, seperti beternak sebagai penghasil daging atau penghasil telur. Penentuan tujuan ini penting karena akan menentukan cara memelihara dan manajemennya, termasuk dalam pemilihan induk. Selain menetukan tujuan komoditas yang akan diproduksi, penentuan maksud beternak juga penting, yaitu beternak hanya sekedar mengisi waktu luang, memanfaatkan tanah yang kosong, atau beternak sebagai sumber penghasilan keluarga.

Untuk Mengisi Waktu Luang

Beternak ayam kampung dengan tujuan untuk mengisi waktu luang banyak dilakukan oleh para pensiunan. Kepuasan dengan melakukan kesibukan di bidang peternakan merupakan manfaat yang dapat diperoleh. Bila beternak hanya untuk mengisi waktu luang maka kepuasan yang dicapai adalah kepuasan mengisi waktu dengan kesibukan sehari-hari mengurus ternak. Kepuasan ini juga merupakan nilai ekonomi yang tidak dapat di ukur secara kuantitatif atau dengan angka. Apabila waktu luang sudah tidak ada lagi akibat sibuk dengan urusan ayam kampung maka saat itulah dikatakan bahwa kegiatan beternak sudah memberikan hasil yang maksimum. Ini setara atau lebih besar dari nilai yang telah dikeluarkan. Selain kepuasan tersebut, beternak juga menambah hasil berupa telur atau anak ayam atau daging walaupun bukan target utama dari beternak tersebut.

Untuk Memanfaatkan Tanah Yang Kosong

Tujuan ini pun banyak dilakukan orang. Umumnya, orang memanfaatkan tanah kosongnya sehingga pajak bumi dan bangunannya dapat di bayar dari hasil beternak. Aktivitas beternak tersebut juga dapat menghindari penyerobotan tanah.

Untuk Mendapatkan Keuntungan (Mencari Nafkah)

Bila tujuan ini sudah ditetapkan, usaha peternakan ayam kampung yang dijalankan akan menerapkan kaidah-kidah usaha. Keuntungan berupa ekonomi merupakan target utama yang harus dihasilkan. Kepuasan peternak akan ditentukan dengan banyaknya nilai ekonomi yang dihasilkan dari peternakan yang dijalankan. Beternak ayam kampung untuk mendapatkan keuntungan harus jelas dalam menjalankannya sebab ada kaitannya degan pengelolaan keuangan.

Penentuan Lokasi

Langkah selanjutnya setelah niat untuk beternak ditentukan adalah menentukan lokasi. Penentuan lokasi penting dilakukan karena usaha peternakan memerlukan suatu areal khusus karena sifat dan kondisi fisiologis yang menentukan demikian.
Besar atau kecilnya usaha peternakan ayam kampung tetap membutuhkan suatu lokasi agar benar-benar membawa manfaat buat peternak. Bila memelihara satu atau dua ekor memang tidak menjadi masalah, tetapi bila sudah puluhan atau ratusan ekor tentu harus dipikirkan suatu lokasi yang tepat. Ada beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih lokasi peternakan ayam.
Ayam kampung seperti unggas pada umumnya, apabila dipelihara dalam jumlah besar, menimbulkan gangguan pada lingkungan sekitarnya. Gangguan tersebut dapat berupa suara ayam, kotoran ayam, pakan, serta lalulintas pengangkutan produksi dan sarana produksi. Lingkungan juga dapat berdampak buruk bagi ayam itu sendiri. Misalnya, berperan dalam perpindahan penyakit yang dapat memusnahkan seluruh ayam yang ada. Faktor kedua inilah yang menyebabkan lokasi peternakan tidak boleh terlalu dekat dengan keramaian masyarakat. Selain itu, masyarakat yang berada di sekitar dapat pula menyebabkan gangguan keamanan peternak.
Syarat-syarat lokasi yang dipilih dalam beternak ayam kampung adalah sebagai berikut.
  1. Lokasi peternakan tidak jauh dari daerah pemasaran hasil dan atau tidak jauh dari tempat pengadaan faktor produksi. Apabila keduanya tidak dapat di peroleh secara bersamaan maka yang diutamakan adalah dekat dengan lokasi pengadaan faktor produksi. Apabila jauh dengan pemasaran, ada kemungkinan pembeli mengambil sendiri ke lokasi peternakan atau pengumpul yang akan datang ke peternakan.
  2. Lokasi peternakan hendaknya jauh dari keramaian, tetapi ada jalur transportasi dan komunikasi. Lokasi yag memenuhi persyaratan ini yait daerah di pinggiran kota atau di desa-desa. Keramaian akan mengganggu ternak dan sebaliknya. Sementara itu, jalur transportasi berguna untuk memudahkan pemasaran hasil dan penyediaan faktor produksi.
  3. Lokasi peternakan hendaknya memperhatikan tata guna tanah dari pemerintah daerah setempat, terutama untuk peternakan yang akan berlangsung lama. Penentuan tata lokasi ini diperlukan karena suatu kawasan akan terus berkembang sesuai dengan peruntukannya. Lokasi peternakan yang dipilih, peruntukan ke depannya bukan sebagai pusat perkantoran atau permukiman penduduk. Namun, apabila peternak hanya sekedar untuk memanfaatkan tanah kosong sambil menunggu harga tanah naik, hal tersebut tidak perlu terlalu diperhatikan.
  4. Lokasi peternakan hendaknya mempunyai fasilitas fisik yang memadai, di antaranya cukup air, tidak di bawah lembah atau bukit, dan mempunyai masa depan sebagai lokasi agribisnis yang baik.
Penentuan lokasi tersebut sangat diperlukan apabila usaha peternakan benar-benar akan dijadikan bisnis yang diharapkan dapat terus berkembang. Apabila terdapat banyak alternatif pilihan lokasi, peternak perlu memilih salah satu yang sesuai serta perlu diperhitungkan pula biaya oportunitasnya (oportunity cost). Apabila semua faktor sama-sama dapat mendukung tujuan,dipilih lokasi dengan biaya oportunitas terendah.
Tata letak perkandangan suatu peternakan ayam mempunyai pengaruh terhadap jarak tempuh pekerja kandang dalam bekerja, jarak tempuh yang terlalu panjang akan mengakibatkan turunnya produktivitas pekerja kandang dan meningkatkan pengeluaran biaya tenaga kerja. Semakin pendek jarak tempuh yang di lalui pekerja kandang dalam bekerja, semakin efisien tata letak perkandangan tersebut (Mc Adle, 1992).
Setelah lokasi telah ditentukan, langkah berikutnya adalah merancang kondisi fisik peternakan. Untuk keperluan fisik kandang yang terpenting adalah kandang dan perkandangan. kandang dan perkandangan tersebut harus direncanakan dengan matang agar tidak menimbulkan gangguan terhadap lingkungan. Dalam membangun kandang dibutuhkan perencanaan produksi. Oleh karena itu, dalam proses perencanaan perlu melihat masalah produksi dan sistem produksi dalam perencanaan lebih dulu.

Sistem Produksi Berkesinambungan

Sistem beternak yang baik dalam suatu peternakan komersial ilah dengan melaksanakan sistem produksi yang berkesinambungan. Sistem produksi berkesinambungan berarti produksi ayam kampung, baik telur maupun ayam hidup tidak terputus. Oleh karena itu, diperlukan beberapa angkatan produksi. Tiap angkatan tersebut sudah dirancng, baik waktu dan jumlah ayamnya agar sesuai dengan pangsa pasar yang tepat. Pembangunan kandang, perkandangan, jumlah ayam yang ada di dalamnya, dan waktu pemeliharaan perlu disesuaikan dengan saat pemasaran yang telah diterima oleh pasar atau yang telah disepakati antara peternak dengan pembeli.
 Sistem produksi tersebut mempunyai dua aspek, yaitu aspek makro dan aspek mikro. Sistem produksi makro berkaitan dengan kandang dan perkandangan. Hal tersebut meliputi cara memelihara yang dibagi atas sistem kandang terkurung seumur hidup, sistem kandang berhalaman, dan sistem kandang swalayan. Selanjutnya, hal yang bertalian dengan kelanggengan produksi dan perkandangan adalah produksi berkesinambungan dan sistem terputus.
Sistem produksi kesinambungan merupakan suatu cara beternak yang menjamin pasokan telur dan ayam hidup secara tetap tanpa terputus. Hal ini sesuai dengan sifat produksi ayam kampung. Hal yang perlu diperhatikan adalah usia pertama pertamakali bertelur, kemampuan produksi total, dan lama istirahat bertelur. Usia apkir menentukan ayam kampung yang sudah dapat dijual. Usia pertamakali bertelur akan menenukan angkatan produksi dan jumlah kandang per angkatan. kemampuan produksi dan lama masa istirahat akan menentukan jumlah ayam yang akan dipelihara. Ciri khas satu klompok kandang adalah semuanya berusia sama. Apabila kondisi permukaan tanah memungkinkan, dalam satu angkatan dapat dimasukan kedalam satu kandang. Akan tetapi, apabila kondisi permukaan tanah tidak memungkinkan, satu kelompok kandang dapat terdiri lebih dari satu kandang, dapat dengan sistem alas liter atau alas kotak cage.
Banyaknya klompok kandang atau angkatan produksi dapat ditentukan dengan melihat usia pertama kali bertelur. Rata-rata ayam kampung bertelur untuk pertama kalinya pada umur 5 bulan. Untuk memperoleh produksi berkesinambungan, harus di buat lima kelompok kandang. Apabila cara ini diterapkan dengan baik dan sesuai, akan diperoleh produksi terus-menerus tanpa ada angkatan yang kosong. Tiap saat ada angkatan yang menghasilkan telur dan adapula yang dijual. Cara seperti ini dapat pula diterapkan dalam peternakan kecil dengan kandang susun per kelompok. banyaknya ayam yang harus dipelihara per angkatan dapat diketahui dari banyaknya daya serap pasar.
Sebelum mulai beternak, peternak harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Jangan sampai terjadi telur dan ayam sudah ada, tetapi belum ada pembeli. Sebelum memulai suatu usaha, harus diketahui besarnya pangsa pasar telur ayam kampung dan ayam kampung hidup yang mungkin dapat dikuasai. Hasil survai tersebut digunakan untuk merancang produksi telur, jumlah ayam yang akan di pelihara, dan kebutuhan luas kandang yang harus disiapkan.
Langkah-langkah oprasional untuk mengetahui pangsa pasar, yaitu melalui riset pasar sederhana yang melipui hal sebagai berikut.
  1. Memperoleh kemampuan beli dari pengecer (dapat berupa pedagang ayam kampung eeran di pasar, restoran masakan padang. atau restoran ayam goreng tradisional yang potensial)
  2. Memperoleh kemampuan beli dari pedagang pengumpul yang rajin berkeliling dari satu peternakan ke peternakan lain.
  3. Memperoleh informasi langsung dari pasar-pasar yang dilakukan oleh peternak sekala menengah dan besar.
Sebagai contoh, suatu peternakan ayam kampung memperoleh permintaan telur ayam kampung sebanyak 450 butir per minggu. Setelah diketahui jumlah permintaan pasar, selanjunya mulai di rancang langkah-langkah yang perlu dilakukan, yaitu sebagai berikut.
  1. Memperhatikan kemampuan bertelur ayam kampung. Ayam kampung dalam pemeliharaan yang baik mampu bertelur 100 butir/tahun, sedangkan dalam keadaan yang kondisional sekitar 75 butir/tahun. Angka produksi telur tersebut dapat digunakan sebagai dasar perhitungan awal.
  2. Produksi per tahun tersebut kemudian dijadikan produksi telur per minggu. Hasil perhitungan tersebut kemudian menjadi produksi telur per minggu per ekor.
  3. Jumlah permintaan pasar atau bagian yang mampu dijual dibagi dengan produksi telur per minggu per ekor. Hasil yang di peroleh sama dengan jumlah ayam yang harus dipelihara per kelompok. Jumlah tersebut tidak seluruhnya mampu memenuhi permintaan pasar. Oleh karena itu, dibentuk lima kelompok yang sama dan berkesinambungan dengan selisih satu bulan antarkelompok. Dengan demikian, diharapkan tiap bulan terdapat telur ayam kampung yang dapat di jual ke pasar sesuai dengan permintaan.
Setelah itu, dapat juga dirancang jumlah ayam potong setelah masa bertelur menyusut.

Perancangan Kandang

Luas kandang yang dibutuhkan apabila pembuatan kandang memakai sistem lantai litter atau sistem halaman adalah dengan cara membagi jumlah ayam yang dipelihara dengan jumlah ayam per meter  persegi. Namun, apabila memakai sistem kandang kotak (cage) maka luas kandang yang di butuhkan diperoleh dengan cara membagi jumlah ayam yang dipelihara dengan jumlah ayam per kotak. Luas kandang dapat juga diperoleh dengan mengaitkan angka jumlah ayam dengan angka kepadatan kandang. Setelah luas kandang diperoleh, panjang kandang yang di butuhkan dapat di tentukan. Lebar kandang sudah tetap, yaitu 4 pada sistem kandang terkurung, sedangkan untuk sistem lantai cage, lebar kandang perlindunganya maksimal 6 m. luas kandang di tentukan sebagai berikut
lebar x panjang = luas kandang
4 x panjang = luas kandang
panjang = luas kandang/4
Pembangunan kandang berdasarkan ukuran tersebut disesuaikan juga dengan permukaan tanah yang tersedia.Sebagai contoh, tanah yang tersedia sepanjang 20 m. Panjang tanah tersebut kemudian di bagi menjadi dua sehingga diperoleh dua kandang per kelompok dengan panjang kandangnya masing-masing 10 m. Banyaknya kelompok minimal 5 kelompok. Banyaknya kelompok di tentukan oleh pangsa pasar serta ketersediaan tanah. Jarak antarkelompok minimal 6 m. karena adanya perbedaan kelompok usia dengan penempatan tertua di kelompok pertama dan termuda di kelompok terakhir.
Peternakan ayam kampung sekala kecil biasanya mempergunakan kandang susun atau kandang panggung. Lebar kandang maksimal 2,5 m. Antara tingkat yang satu dengan tingkat yang lain di buat celah sekitar 25 cm untuk penampung tinja atau untuk ventilasi kandang alas litter. Cara menghitung kotak untuk kandang beralaskan cage, yaitu dengan melihat kapasitas tampung kotak cage tersebut. Kotak dengan ukuran 30 cm x 40 cm x 55 cm dapat menampung tiga ekor ayam kampung dewasa. Banyaknya kotak cage yang harus di siapkan diperoleh dengan cara jumlah ayam yang dipelihara dibagi tiga.
Setelah perancangan disusun matang, selanjutnya persiapan pembuatan kandang dan perlengkapan. Beberapa pedoman yang perlu di perhatikan dalam pembuatan kandang adalah sebagai berikut
  • Bahan baku yang di gunakan
 Bahan baku yang digunakan dipilih dengan kualitas yang baik. Bahan-bahan dilapisi dengan bahan anti lapuk atau anti rayap agar lebih awet. Bahan untuk tiang kandang cukup bambu, balok dan sejenisnya, tidak perlu memakai beton atau tiang besi. Dinding tiang kandang cukup dari kawat. Atap cukup dari genting biasa yang murah serta cukup kuat.
  • Penempatan kandang
Kandang ditempatkan membujur dari utara ke selatan sehingga sisi kanan dan kiri kandang mengarah ke matahari terbit dan terbenam sehingga sinar matahari pagi dan sore bisa masuk ke dalam kandang. Selain itu, hembusan angin juga dengan bebas dapat masuk ke dalamnya sehingga kelembapan kandang yang sering menjadi masalah di daerah tropis seperti Indonesia dapat diatasi. Indonesia sebagai negara yang berada di khatulistiwa dengan ciri udara panas, tapi lembap. Kelembapan dapat mencapai 90% bahkan lebih di musim hujan. Kandang tersebut yang menyebabkan ayam kampung sering terserang snot atau pilek ayam, berak darah atau berak kapur. Kelembapan semakin bertambah tinggi apabila sinar matahari tidak masuk ke dalam kandang. Hal tersebut dapat menyebabkan berbagai kutu atau parasit lainnya berkembang biak di kandang.Oleh karena itu, sinar matahari pagi dan sore hari harus masuk ke dalam kandang. Bagian memanjang kandang baiknya menghadap ke sinar matahari pagi dan sore hari agar masalah kelembapan kandang terutama di musim hujan dapat teratasi. Arah dan susun kelompok kandang dengan sisi melebar di tempatkan saling berhadapan dan dihubungkan dengan jalan. Apabila ada lima kelompok, empat kelompok bisa saling berhadapan dan satu lagi tepat di ujung jalan penghubung. prinsip tersebut lebih dikenal  dengan prinsip sirip daun dengan harapan memudahkan kerja dan pengawasan seluruh kelompok dengan sekali pandang  dan kemudahan pekerja dalam memasok segala kebutuhan. Dengan demikian, pekerja tidak terlalu lelah dan memungkinkan pencegahan penyebaran penyakit.
  • Lingkungan peternakan
Peternakan ayam kampung khususnya dengan kandang berupa kotak-kotak cage sering menimbulkan bau. Bau tersebut dapat di sebabkan oleh rancangan kandang serta perawatan kebersihan yang tidak di jalankan dengan baik. Bau kotoran yang menusuk tersebut lebih sering terjadi pada pemeliharaan ayam kampung dewasa dengan sistem lantai cage, baik itu yang terbuat dari bambu atau kawat. Kotoran tersebut tertampung di baki kotoran  dan semakin lama semakin banyak. Kotoran tersebut menimbulkan bau serta mengundang lalat masuk ke kandang. Bau kotoran ayam kampung yang dipelihara di atas lantai cage dapat di atasi dengan dua cara. pertama, Membersihkan kotoran minimal sebulan sekali. Kotoran di kumpulkan kemudian di manfaatkan sebagai pupuk organik, atau biogas. Kedua, menaburi kotoran dengan kapur dan tumpukan arang batok di atasnya setiap dua minggu sekali. Kotoran merupakan sumber pendapatan. Selain dapat di jual sebagai pupuk organik, kotoran tersebut dapat di gunakan sebagai biogas. Kandang sebagai alas litter, alas litternya dapat di gunakan sebagai pupuk kandang setelah ayam di apkir. Hal penting selain masalah di atas adalah kebutuhan modal. Bentuk sistem kerja di peternakan  berdasarkan asal modal, di antaranya sebagai berikut
  • Sistem pinjaman dari bank
 Usaha peternakan ayam kampung termasuk usaha yang membutuhkan waktu untuk memperoleh hasil. Hal tersebut karena ayam kampung baru bertelur atau berproduksi rata-rata pada usia lima bulan. Titik impas baru dapat terlihat dalam enam kali masa produksi dengan catatan semuanya lancar. Beberapa hal yang harus di pertimbangkan adalah masa pengambilan, masa tenggangnya, masa cicilan bunga, dan utangnya.
  • Sistem kerja sama
Sistem kerja sama, peternak yang memiliki pengetahuan dan keterampilan beternak ayam kampung tetapi tidak mempunyai uang untuk membangun kandang dan modal kerja lainnya. Kemitraan juga sesuai diterapkan dalam sistem ini. Namun, hal ini lebih baik dijelaskan dahulu wujud kerja samanya. Sistem kerja samanya dapat berupa sistem saham, sistem bagi hasil, atau sistem yang lain yang sesuai kesepakatan bersama. Sistem kemitraan ini memungkinkan penyelesaian semua masalah yang terjadi untuk di tanggung bersama.
  • Sistem kontrak kerja
 Sistem ini sama dengan sistem meminjam dari bank, yang berbeda adalah wujudnya, yaitu berupa materi atau sumber daya. Pemanfaatan modal sendiri secara bertahap dapat dilakukan apabila peternak membangun peternakan kecil secara bertahap serta tergantung pada ketersediaan modal. Pembangunan peternakan dilakukan per kelompok, tidak langsing dalam satu waktu. Sebagai contoh, kelompok 1 dibangun, dibersihkan, dipasang pagar, dan di isi dengan ayam dahulu. Setelah ada uang, kelompok 2 dibangun dan seterusnya. pengembangan dapat dilakukan dengan membuka cabang peternakan baru. Hal yang perlu diperhatikan adalah perencanaan, sedangkan pelaksanaan dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan.
Kelompok 1 dapat dibangun setelah permasalahan modal jelas dan peternakan telah dipersiapkan. Setiap kelompok dapat terdiri dari satu atau lebih kandang. Satu kelompok dapat lebih dari satu kandang bertingkat, tergantung pada rencana isi ayam. Pembangunan kelompok dimulai dari bagian terujung terlebih dahulu apabila ara bertahap yang dipilih untuk digunakan. Kelompok yang paling barat dibangun paling terakhir apabila bagian muka peternakan berada di sebuah timur. Hal tersebut dimaksudkan agar kelak kelompok yang sudah ada ayamnya tidak terganggu oleh pembangunan kelompok berikutnya. Namun demikian, ada satu kelemahan dalam pembangunan kandang secara bertahap ini, yaitu bangunan serta pekerja kandang dapat menjadi perantara perpindahan penyakit. Sisi kelemahan ini harus dapat di antisipasi terlebih dahulu secara tepat. Cara yang dapat ditempuh dengan memagari wilayah apabila kandang pada kelompok pertama telah usai. Setiap kelompok kandang harus dipagari karena pada setiap kelompok memiliki usia yang berbeda dengan kelompok lainnya. Hanya pada kelompok yang sama dan usia ayam sama pula, kandang dapat terdiri dari dua unit atau dua susun. Pagar tersebut juga berfungsi untuk menghindari perpindahan penyakit dari ayam dewasa yang lebih tahan ke ayam yang lebih muda atau rentan.
Sistem kandang atau pemeliharaan yang hendak dijalani harus diketahui karena bertalian kuat dengan perencanaan dan penggunaan kandang kelompok 1 yang dibangun tersebut.

22 comments:

  1. JANGAN LEWATKAN PROMO MENARIK DARI KAMI

    HUBUNGI KONTAK Kami
    BBM : D8E23B5C
    WHAT APPS : +85581569708
    LINE : togelpelangi
    WE CHAT : togelpelangi
    LIVE CHAT 24 JAM : WWW-ANGKAPELANGI-NET

    Ayo coba keberuntungan anda
    jutaan rupiah menunggu anda

    ReplyDelete
  2. PROMO BONUS DEPOSIT HARIAN INDOKARTU

    Minimal Deposit!

    === 7 Permainan 1 USER ID ===
    JUDI KARTU ONLINE & AGEN POKER ONLINE
    INDOKARTU adalah situs judi poker online Indonesia terpercaya dan terlengkap dalam memberikan game judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online, Bahkan sebagai web Agen Poker Online uang asli yang memberikan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, memberikan minimal deposit yang sangat murah dan menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa main dengan para player dari seluruh daerah yang ada di Indonesia. Main poker online terpercaya di IndoKartu

    http://www.indokartu.info/2018/07/23/pot-limit-omaha-poker-game-baru-dari-idn/
    http://www.indokartu.info/2018/07/28/cara-bermain-ceme-online-di-situs-terpercaya/
    http://www.indokartu.info/2018/08/01/tips-dan-trik-bermain-ceme-online-di-situs-terpercaya/


    Ayo join sekarang di indokartu.net

    ReplyDelete
  3. Nama saya adalah Okta Mira Anda dipersilakan untuk CREDIT UNION DAYA LESTARI tempat di mana Anda memiliki kesempatan untuk mengubah defisit keuangan menjadi individu yang kaya dengan bantuan staf berkualifikasi tinggi melalui staf yang bertekad dan memiliki sumber daya keuangan yang baik tempat berselingkuh atau merampok Orang-orang dari uang mereka adalah tabu tempat di mana Anda dilengkapi secara finansial untuk mengatasi kekurangan keuangan saya telah mengulurnya itulah sebabnya saya datang ke sini untuk memberi tahu Anda bahwa tidak semua kreditur online adalah penipuan atau penipuan karena prioritas utama CREDIT UNION DAYA LESTARI adalah untuk menyediakan dana dalam mata uang apa pun untuk semua klien mereka sehingga mereka akan dapat memenuhi kebutuhan keuangan mereka setiap hari jadi jangan biarkan saya ditinggalkan Anda membutuhkan dana untuk:
    ✓ Tagihan Rumah Sakit
    ✓ Renovasi Rumah
    ✓ Pembesaran Bisnis
    ✓ Refinancing Ekstensi Pertanian
    ✓ Penambangan Emas
    ✓ Proyek pembiayaan dengan kebutuhan keuangan yang lebih tinggi
      Semua ini dan banyak lagi
    Gmail: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
             ➡ {WhatsApp Only :: {+ 33753893351}
            ➡  BBM INVITES: {D8980E0B} {4424A}

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Teleph☎:+62 856-9328-4991
    WhatsApp:+62 856-9328-4991
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
      Sudah dua tahun sekarang saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam jumlah 700 juta dari Iskandar Lestari Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya bisa membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi lebih lanjut dari bisnis saya sehingga saya mengajukan jumlah 2,7miliar setelah melalui proses hukum transaksi saya disetujui oleh pihak berwenang dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya tercapai dengan mudah. ​​Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ibu Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi ISKANDAR LENDERS hari ini
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    ReplyDelete
  5. Kami ZEUSBOLA adalah Agen Judi Online Terbaik Sepanjang Masa ingin ajak Anda bergabung bersama kami.
    Permainan populer kami ( SportBooks, LiveCasino, SlotGame, SabungAyam, IDNPoker, TembakIkan, Togel, BolaTangkas, dan masih banyak permainan lainnya ).
    Untuk Anda para member setia ZEUSBOLA, kami tidak pernah ada hentinya berikan info terbaru kepada kalian semua, jika kalian ingin mencari AGEN JUDI ONLINE TERBAIK SAPANJANG MASA kalian bisa langsung bermain di Agen kami sekarang juga.

    Untuk info lebih lanjut tentang ZEUSBOLA atau tenang bonus-bonus menarik dan info terupdate kami bisa hubungi kami melalui :
    - Whatsapp : 081333555996
    - LiveChat : http://www.bolazeus.com

    Link Alternatif :
    http://www.bolazeus.com

    DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    ZEUSBOLA

    http://bolazeus.com/

    ReplyDelete
  6. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

    TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
    Email: {anggaannisa1979@gmail.com}
    Twitter: [@AnggaAnnisa1]

    ReplyDelete
  7. Situs S128Cash adalah Situs Bandar Taruhan Online Terpercaya yang menyediakan Jasa Taruhan Secara Online seperti Sportbooks, LiveCasino, Sabung Ayam Online, IDN Poker, Slot Games, dan Togel Online.
    Untuk dapat bermain Taruhan secara Online, Anda dapat bergabung sebagai member dengan mendaftarkan UserID di S128Cash dengan mengisi formulir pendaftaran atau bisa meminta bantuan langsung CS.

    Setelah selesai pendaftaran, Anda dapat login melakukan deposit uang ke no rekening yang telah disediakan. Semua bank Indonesia disediakan disini. Bukan itu saja, bagi Anda yang ATM nya lagi kosong, tidak perlu khawatir karena disini Anda dapat deposit melalui VIA PULSA, OVO dan GOPAY. Sangat membantu bukan ??

    S128Cash ini juga sudah memiliki reputasi yang sangat baik dalam pelayanan member dan proses transaksi Deposit dan Withdraw yang sangat cepat tanpa masalah !!
    Untuk Anda semua jadilah pemain yang cerdas dalam memilih Agen Bandar Taruhan Online Anda, mari Daftar S128 bersama kami yang terbukti Terpercaya dan AMAN !!

    Kami juga menyediakan berbagai PROMO BONUS menarik lainnya, untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami :
    - Livechat : S1288Poker
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    ReplyDelete
  8. CemePoker - Agen Poker Online Uang Asli
    Dapatkan Bonus New Member 20%
    Tersedia Deposit OVO dan Pulsa
    Dengan Rate Pulsa Tertinggi
    Pendaftaran : http://cemepoker.pw

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333552227

    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    ReplyDelete
  9. BONUS 10% EVERY DAY

    Perutusan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg sediakan jasa layanan buat awal akun permainan judi atau taruhan online buat kamu di cabang judi online yang berkedudukan International, resmi dan terpercaya hanya di poker deposit pulsa.

    Sebagai Delegasi Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penguasaan Isle of Man bagi beroperasi sebagai juru taruhan olahraga sedunia.


    https://bolazeus.site/2019/01/02/situs-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://bolazeus.site/2019/01/01/kelebihan-bermain-taruhan-online-deposit-via-pulsa/

    bonus deposit sabung ayam

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    login zeusbola
    https://zeus303.com

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    ReplyDelete
  10. Pokervita Situs BandarQ Terpercaya Di Indonesia Menang Berapapun dibayar dengan rating kemenangan hingga 90%. Penasaran dan masih ragu? Langsung dicoba saja. Menerima Deposit Pulsa Telkomsel, XL dan Axis Dengan Rate Terbaik Tsel 0.85 dan AL/Axis 0.90.

    Kami Menyediakan Transaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
    - Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
    - Ovo
    - Gopay
    - Dana
    - Linkaja
    - Pulsa

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online

    Judi Capsa Susun Pulsa
    Capsa Susun Uang Asli Indonesia

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    ReplyDelete
  11. e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663

    email:::::::hafizulbin365@gmail.com
    Name::::Hafizul Bin Haziq
    Country:::Malaysia

    Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785k yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440k telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"

    Country::::::Malaysia
    Name::::::::Hafizul Bin Haziq
    email::hafizulbin365@gmail.com
    Telephone Number:[+60]1123759663
    WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    ReplyDelete
  12. ZeusBola - Main Sabung Ayam Taji Online
    Minimal Taruhan Hanya 10rb
    Bisa Deposit Dengan Pulsa
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Disini
    Pendaftaran : http://zeusbola.live

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    ReplyDelete
  13. Keuntungan Bermain di Museumbola Agen Slot Provider Terlengkap
    * Kaya Raya Dari Judi Online
    * Keamanan serta Kenyamanan Terjamin
    * Berlimpah Bonus dan Promo Menarik
    * Jika Anda mendaftar sebagai member Museumbola, maka Anda akan mendapat banyak bonus dan promo yang menarik. Untuk member baru, Anda bisa mendapat bonus cashback untuk setiap transaksi deposit.
    Tunggu apa lagi ? Segera daftarkan diri anda sekarang juga!!
    MUSEUMBOLA / MUSEUMTOTO ADALAH SEBUAH WADAH YANG MENYEDIAKAN PERMAINAN JUDI PALING LENGKAP
    PERMAINAN AYAM CASINO SLOT POKER TOGEL BOLA SEMUA ADA
    LANSUNG SAJA AKSES KE SITUS OFFICIAL KAMI MUSEUMBOLA
    DEPOSIT BANK LOCAL :
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON - JENIUS BTPN DLL

    DEPOSIT E-CASH :
    OVO - DANA - LINKAJA - GOPAY - SAKUKU - DOKU

    DEPOSIT PULSA (DEPOSIT NON RATE/ALIAS TANPA POTONGAN)
    -> TELKOMSEL
    -> XL / AXIS

    Demo SLOT
    Slot Thundering Zeus

    Link Akses
    daftar taruhan toto
    Link Alternatif museumbola
    Judi Slot Depo Dana
    Museumbola
    Togel Deposit Pulsa

    ReplyDelete
  14. AGENT TOGEL ONLINE TERPERCAYA

    daftar taruhan toto

    togel online pulsa

    Slot Pulsa

    Dapatkan Promo-promo Spesial Setiap Bulannya di Museum Toto
    Nikmati Kemudahan Deposit Museum Toto dengan PULSA dan OVOpay yang kami sediakan..
    Nikmati juga banyak Bonus Lainnya Yang Kami Sediakan..

    Dapatkan Deposit dengan rate potongan terendah untuk Telkomsel, AXIS dan XL..

    DEPOSIT VIA TELKOMSEL
    DEPOSIT VIA XL
    DEPOSIT VIA AXIS

    Dapatkan
    - Bonus Deposit 20% New Member
    - Bonus Deposit 5% Setiap Hari
    - Bonus Cashback 5% - 10%

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : 083157394921

    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO
    LINK ALTERNATIF MUSEUMBOLA
    LINK ALTERNATIF MUSEUMPOKER
    LINK ALTERNATIF MUSEUMAYAM
    CLUB388
    SV388

    ReplyDelete
  15. Bagi penggemar judi kartu online, Hadir kembali promo freechip tanpa deposit bersama Museumpoker.
    Syarat dan Ketentuan Berlaku !

    Freechip natal & tahun baru

    Jangan lewatkan berbagai varian promosi menarik lainnya, Seperti :

    * Bonus New Member 20%
    * Bonus Deposit Harian
    * Bonus Rollingan Mingguan 0.5%
    * Bonus Referral 10%
    * Bonus Progresive Jackpot

    Mainkan juga 9 Jenis permainan lainnya yang dapat anda mainkan hanya dengan menggunakan 1 User ID saja:

    > Poker
    > DominoQQ
    > Bandar Ceme
    > Ceme Keliling
    > Capsa Susun
    > Pot Limit Super10
    > Omaha
    > Blackjack
    > Superbull

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Situs poker online terpercaya

    ReplyDelete
  16. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.850juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    ReplyDelete
  17. AGEN SLOT & SABUNG AYAM ONLINE 2021 TERPERCAYA & TERBAIK PROMO BONUS NEW MEMBER 15% !!!

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    Banyak jackpot Menanti Anda !
    Gabung sekarang di MBO128 AGEN online terpercaya
    BONUS NEW MEMBER 15%
    Bonus Harian 10%
    Minimal Dp 10Rb
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    ReplyDelete
  18. ZEUSBOLA Situs Poker Online Deposit Pulsa Tanpa Potongan telkomsel dan xl. Serta situs judi online terpercaya dan terbaik di Indonesia yang menpunyai winrate tertinggi dan pastinya jackpot yang besar. Seluruh permainan di sediakan secara fairplay dan player vs player, Zeusbola Agen Judi Poker Online, Domino QQ, Bandar Ceme, Capsa Susun, Texas Holdem. Buruan Daftar poker pulsa tanpa potongan

    • Minimal deposit Rp.10,000
    [img]https://i.imgur.com/qPxbJu4.jpg[/img]

    LINK ALTERNATIF http://134.209.97.65/

    Contact Person Us:
    Whatsapp: +62822-7710-4607
    Daftar Gratis Klik Disini : https://heylink.me/cs_agnes/
    Instagram Zeusbola: https://www.instagram.com/zeusbola/
    Twitter Zeusbola : https://twitter.com/SlotZeuspulsa

    Link Alternatif :

    https://peda.net/p/Zeusbola/zeusbola-situs-slot-deposit-pulsa-tanpa-/
    https://zeusbola.mypixieset.com/

    ReplyDelete
  19. Ingin bermain Slot secara gratis dan mendapatkan Review seputar Slot Game setiap harinya ?

    Yuk , bisa coba kunjungi Link kami dibawah ini

    Slot The Champion Slot Games Gacor !!

    Nikmati permainan menarik lainnya secara GRATISS.

    ReplyDelete
  20. INGIN MAIN SITUS JUDI TERPECAYA?
    ZEUSBOLA SOLUSINYA....
    [url=https://zeusbola.mypixieset.com/][Daftar Slot Gacor Hari Ini Tanpa Rekening Bank Zeusbola][/url]
    Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan !!
    *Bonus New Member 15%
    *Bonus Reward Setiap Tingkatan Level
    *Bonus Deposit Harian 10%
    *Bonus Cashback Mingguan
    *Bonus referral ZeusBola
    *Bonus Reward Setiap Tingkatan Level
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607
    ☎️ Link Whatsapp : https://zeusbo.la/whatsapp

    ReplyDelete
  21. Kalah Judi Online? Jangan Panik!
    zeusbola.mypixieset.com Situs Agen Resmi Judi Online Menyediakan Daftar Slot Pragmatic Play Gacor Hari Ini " Gates of Olympus " Rating Kemenangan Super Tinggi
    MENERIMA DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN, E-WALLET OVO GOPAY DANA LINKAJA, BANK BPD, BANK SYARIAH dan Seluruh Bank Lokal Indonesia

    Whatsapp : +6282277104607
    Telegram : @zeusbola

    Daftar Togel Online Tanpa Rekening Terpercaya 2021-2022
    http://134.209.98.69/daftar-slot-online-deposit-bank-bpd/

    ReplyDelete
  22. Untuk yg suka bermain sabung ayam dsni tempat ny
    new member 10% lansung di berikan tanpa syarat dan ribet

    proses depo wd secepat kilat ^^
    New member 10%
    tunggu apa lagi silahkn registrasi dan bukti kan sendiri

    Silahkan hub : WA : 0812-1495-2061

    ReplyDelete